Minggu, 17 Agustus 2014

Olahraga yang Aman untuk Pasien Penyakit Jantung

olahraga yang aman
Portalcruzeiro - Menderita penyakit jantung merupakan sesuatu hal yang sangat mengkhawatirkan, ini terjadi pada orang-orang yang baru saja didiagnosis dengan penyakit jantung atau pernah menjalani operasi jantung, dokter mungkin mengatakan kepada Anda bahwa olahraga merupakan bagian penting dari menjaga kondisi kesehatan. Tapi apakah olahraga yang aman untuk pasien penyakit jantung, apakah ada jenis latihan yang terbaik dan yang dianjurkan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus didiskusikan dengan dokter:
  • Perubahan pengobatan. Obat baru dapat sangat mempengaruhi tanggapan pasien jantung untuk berolahraga; dokter dapat memberitahu apakah jenis latihan rutin tertentu termasuk aman atau tidak.
  • Angkat berat. Pastikan bahwa mengangkat atau mendorong benda berat dan pekerjaan rumah seperti menyapu, menyekop, memotong, atau menggosok tidak terlarang oleh dokter. Tugas rumah dapat melelahkan bagi sebagian orang; pastikan bagi setiap pasien jantung hanya melakukan apa yang dia mampu lakukan tanpa merasa lelah.
  • Olahraga yang Aman. Dapatkan persetujuan dari dokter sebelum pasien penyakit jantung mengangkat beban berat, joging, atau berenang.
Tips olahraga aman untuk pasien penyakit jantung:
  • Pastikan setiap latihan teratur dan berimbang dengan istirahat.
  • Hindari latihan isometrik seperti push-up dan sit-up. Latihan isometrik melibatkan banyak otot dan dapat menyebabkan ketegangan otot.
  • Jangan biarkan pasien penyakit jantung latihan / olahraga di luar rumah ketika cuaca terlalu dingin, panas, atau lembab. Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan pasien untuk lelah lebih cepat; suhu ekstrim dapat mengganggu sirkulasi yang membuat sulit bernapas, dan menyebabkan nyeri dada. Pilihan yang lebih baik adalah kegiatan dalam ruangan seperti berjalan di pusat perbelanjaan / mall.
  • Pastikan Anda cintai tetap terhidrasi. Sangat penting untuk minum lebih banyak air putih bahkan sebelum pasien merasa haus, terutama pada hari-hari cuaca panas.
  • Mandi dengan air yang terlalu panas atau dingin juga harus dihindari setelah olahraga. Karena suhu ekstrim dapat meningkatkan beban kerja pada jantung Anda.
  • Ketika harus berjalan menanjak atau menaiki anak tangga sebaiknya dilakukan secara perlahan-lahan, karena dapat membuat jantung bekerja lebih keras. Selalu kontrol denyut jantung setelah melakukan kegiatan yang berat seperti naik tangga dan kegiatan lainnya.
  • Jika program latihan rutin telah terganggu selama beberapa hari (misalnya, karena sakit, liburan, atau cuaca buruk), segera kembali ke rutinitas latihan seperti semula. 
Olahraga terbukti baik untuk penderita penyakit jantung namun harus dilakukan dengan tepat, dan jangan lupa untuk selalu konsultasi ke dokter perihal olahraga yang aman untuk Anda.

Sumber: http://www.webmd.com/heart-disease/guide/safe-exercise-patients

Tidak ada komentar:

Posting Komentar