Senin, 28 Juli 2014

Beragam Jenis Penyakit Jantung

beragam jenis penyakit jantung
Ketika seorang dokter mendiagnosa Anda atau orang yang Anda dicintai dengan penyakit jantung, Anda mungkin merasa sedih, bingung dan memiliki banyak pertanyaan. Anda mungkin bingung dengan istilah dokter menggunakan seperti "kongestif," "pulmonary," atau "cyanotic." Apa bedanya? Penyakit jantung tetap penyakit jantung, kan?

Beragam jenis penyakit jantung kebanyakan memiliki ciri-ciri yang hampir sama, tetapi mereka juga memiliki perbedaan penting yang dapat menentukan perkembangan dan pengobatan mereka. Menjadi mengerti dengan jenis penyakit jantung yang Anda hadapi dapat membantu Anda dan orang yang Anda cintai untuk lebih memahami dan merasa lebih memegang kendali untuk langkah-langkah penting berikutnya.

Angina

Angina menyebabkan rasa sakit atau sesak di daerah dada, menciptakan semacam sensasi jantung terasa di remas yang terkadang menyerupai gangguan pencernaan. Kondisi ini bukanlah penyakit itu sendiri. Ini paling sering merupakan gejala dari penyakit jantung koroner, di mana arteri yang memasok darah ke jantung yang sempit dan kaku. Angina juga dapat menandakan penyakit mikrovaskuler koroner, yang merupakan penyakit jantung yang mempengaruhi arteri koroner yang lebih kecil.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan atau jantung cacat kelainan jantung hadir pada saat lahir. Mereka terjadi pada saat janin berkembang di dalam rahim dan dapat disebabkan oleh infeksi virus, obat-obatan, bahan kimia, alkohol, atau penyebab lain yang tidak diketahui. Kelainan ini dapat mempengaruhi berbagai bagian jantung, termasuk septum, katup, pembuluh darah, aorta, ruang, dan banyak lagi. Apapun cacat, itu dapat mengganggu aliran darah yang tepat, menyebabkan gejala-gejala seperti:
  • cepat lelah
  • sesak napas
  • kulit kebiruan
  • detak jantung yang cepat
  • bengkak di perut atau di sekitar mata
Penyakit Jantung Bengkak

Penyakit jantung bengkak merupakan suatu kondisi di mana jantung membengkak dikarenakan harus bekerja ekstra keras karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah koroner. Penyakit ini bisa dibilang sebagai gejala atau akibat dari penyakit jantung lainnya. Untuk mengobati penyakit jantung bengkak harus bersumber pada penyebab penyakitnya.

Gagal Jantung Kongestif

Kondisi ini lebih umum pada lansia dan terjadi ketika jantung tidak lagi dapat memompa darah ke seluruh tubuh seperti seharusnya. Kondisi ini biasanya hasil dari kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung koroner, pengobatan kanker, atau masalah kesehatan lain dan dapat menyebabkan kelebihan cairan ke paru-paru dan jaringan lain. Gagal jantung kongestif berkisar dari ringan sampai parah, dengan gejala-gejala seperti:
  • penurunan berat badan
  • edema (pembengkakan) di bagian perut, kaki, pergelangan kaki, dan kaki
  • mudah lelah
  • pusing
  • sesak napas
Penyakit Jantung Koroner

Jenis ini adalah bentuk paling umum dari penyakit jantung. Hal ini terjadi ketika arteri yang memasok darah ke jantung menjadi menyempit dan mengeras karena penumpukan plak, yang dikenal sebagai "aterosklerosis." Penyakit jantung koroner adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat untuk pria dan wanita. Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan dan melibatkan menjaga tekanan darah tinggi dan kolesterol darah tinggi untuk selalu di bawah normal, mengadopsi perubahan gaya hidup seperti olahraga teratur, dan dalam beberapa kasus, pilihan operasi seperti angioplasty dan bedah bypass.

Penyakit mikrovaskuler koroner

Juga disebut MVD, penyakit pembuluh kecil, atau jantung sindrom X, penyakit ini mempengaruhi arteri kecil jantung. Ini merusak lapisan dalam dinding arteri dan menyebabkan mereka untuk mempersempit, meningkatkan resiko serangan jantung dan gagal jantung. Gejala-gejala termasuk nyeri dada (angina), sesak napas, dan kelelahan. Perawatan kebanyakan melibatkan obat-obatan.

Penyakit Jantung sianotik

Ini adalah jenis cacat jantung bawaan yang menyebabkan kadar oksigen darah yang rendah ke seluruh tubuh. Ini mungkin disebabkan oleh sejumlah cacat jantung lainnya seperti cacat katup, sindrom hipoplasia jantung kiri, Tetralogi Fallot, atau oleh infeksi atau obat yang digunakan selama kehamilan.

Penyakit Jantung Hipertensi

Beberapa masalah jantung dapat terjadi sebagai akibat dari tekanan darah tinggi atau masalah ini disebut secara kolektif sebagai "penyakit jantung hipertensi."

Penyakit Jantung Iskemik

Kata "iskemik" berarti "kurangnya suplai darah." Penyakit jantung iskemik adalah penyakit jantung yang diakibatkan berkurangnya pasokan darah ke jantung. Meskipun mungkin ada banyak penyebab, sebagian besar insiden penyakit ini mungkin disebabkan aterosklerosis, penyempitan pembuluh darah yang mensuplai jantung dengan darah. Penyakit ini juga disebut penyakit arteri koroner sebagai.

Penyakit Jantung inflamasi

Penyakit ini melibatkan peradangan otot jantung atau jaringan sekitarnya, yang mungkin disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur infeksi, atau penyakit kekebalan tubuh. Mereka yang paling berisiko terkena penyakit ini meliputi orang-orang yang memiliki cacat lahir bawaan atau cedera sebelumnya ke jantung, pengguna narkoba suntikan, dan orang-orang dengan katup jantung buatan.

Penyakit Jantung Organik

Ini adalah istilah yang mengacu pada keseluruhan jenis penyakit jantung di mana jantung itu sendiri dipengaruhi, dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan masalah fisiologis, seperti deformitas atau peradangan.

Penyakit Jantung Pulmonary

Juga disebut "gagal jantung sisi kanan," penyakit jantung pulmonary terjadi ketika penyakit paru-paru mempengaruhi jantung. Aliran darah ke paru-paru kemudian dapat terhambat atau menjadi tersumbat, lalu meningkatkan tekanan darah di paru-paru. Akibatnya, sisi kanan jantung harus bekerja lebih keras, yang dapat menyebabkan kerusakan pada otot jantung itu sendiri.

Penyakit Jantung Struktural

Istilah ini menggambarkan kondisi yang mempengaruhi struktur jantung itu sendiri. Biasanya, mengacu pada cacat jantung bawaan, tetapi juga dapat mencakup kelainan pada katup jantung dan pembuluh yang berkembang di kemudian hari akibat penuaan atau penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar